CSS Drop Down Menu by PureCSSMenu.com
www.Desa-Informasi.blogspot.com - New! - DESA INFORMASI kini dapat di akses dari seluler anda, di alamat: http://desa-informasi.blogspot.com/?m=1
a

17 Agu 2011

Bung Karno Dan Bung Hatta Tentang Bangsa Ini

“Siapa bisa merantai suatu bangsa, kalau semangatnya tak mau dirantai ? Siapa bisa membinasakan suatu bangsa kalau semangatnya tak mau dibinasakan ? (Bung Karno)

Apa yang dikatakan Bung Karno Dan Bung Hatta, tentang Bangsa ini, yang sudah terkungkung oleh Bangsa asing, pada masa mereka dahulu, adalah merupakan pemicu bagi mereka untuk berjuang memerdekakan bangsa ini dari kungkungan penjajah. Semangatnya untuk memerdekakan Bangsa ini sangatlah kuat, para pendiri Bangsa ini tidak hanya sekedar berkata, tapi mereka membuktikannya, dan pada akhirnya Indonesia Bisa Merdeka.

Lebih suka kami melihat Indonesia tenggelam ke dasar lautan, daripada melihatnya sebagai embel-embel abadi daripada suatu negara asing” (Bung Hatta)

Betapa Dwi Tunggal ini mampu membakar semangat Bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan, dengan kata-kata sebagai penggugah semangat, demi tercapainya upaya bersama, dalam semangat kebangsaan yang luar biasa, mereka perjuangkan Indonesia Yang Merdeka.

Pengorbanan mereka dan perjuangan mereka patut diteladani, berkali-kali keluar masuk penjara dan dibuang kemana-mana, tapi semangat juang dan cinta kepada bangsa dan tanah air tetap menjadi landasan perjuangannya, indonesia merdeka menjadi tujuannya.

Memang jaman sudah berubah, tapi semangat juang seharusnya tidak boleh berubah. Kita masih dalam penjajahan bangsa asing, kita belum mampu berdiri diatas kaki sendiri. Ketergantungan kita pada bantuan negara lain masih sangat besar. Padahal kita mempunya kekayaan sumber daya alam, tapi sayangnya kita miskin sumber daya manusia untuk mengolahnya.

Kita sebetulnya juga banyak memiliki sumber daya manusia, tapi sayangnya mereka lebih terpakai oleh bangsa asing ketimbang bangsanya sendiri. Seperti yang dikatakan BJ Habibie, Semasa beliau menjadi Menristek di Era Soeharto, pemerintah banyak mengirimkan mahasiswa keluar negeri, tapi sayangnya setelah mereka menjadi tenaga ahli, malah tidak kembali mengabdi di negaranya sendiri.

Kita sangat berharap pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan sumber daya manusia, yang pada akhirnya nanti akan mampu mengolah kekayaan sumber daya alam yang ada. Dengan demikian, cepat atau lambat kitapun akan terlepas dari ketergantungan dengan bangsa asing. Namun tentunya sangat diharapkan tidak hanya memiliki kecakapan ilmu, tapi juga kecakapan akhlak dan budi pekertinya juga.


Sumber tulisan :
Buku Mahakarya Soekarno - Hatta, Tonggak Pemikiran Bapak Bangsa
Editor : Suwidi Tono
Penerbit : Vision 3



0 komentar:

Posting Komentar

Loading
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger